Home > Coretan > Kyai Go Online

Kyai Go Online

Belum lama ini di-mention ditanya oleh teman di diskusi FB perihal wadah diskusi dan debat tentang agama.

Penulis sendiri merasa berdiskusi dan berdebat tidak dilarang, bila hal tersebut berniat menambah ilmu. Namun, apa yang terjadi di internet saat ini justru malah jadi wadah peruncing pandangan. Bukannya malah saling menyelami pemikiran satu sama lain.

Bila dibuat wadah khusus, bukan kah malah akan sama saja? Tampaknya begitu.

Inisiatif yang diperlukan oleh orang islam di Indonesia saat ini adalah kembali dekat dengan orang berilmu. Bukan hanya dekat dengan akses ilmu. Banyak media berbasis salafi atau pergerakan puritan islam lainnya merilis kajian tentang agama. Ustadz mereka cukup baik pemahamannya, dan cukup rela meluangkan waktu membahas pertanyaan netizen. Apresiasi terhadap inovasi ini.

Lucunya, di level grassroot malah jadi perang saling menyalahkan. Kalangan puritan mengatakan kalau aliran berbasis sanad sebagai liberal, dan sebaliknya mengatakan radikal. Padahal di level guru antar aliran mah, sok we nyantai ngopi-ngopi.

Akses yang mudah terhadap ilmu ini, kadang membuat umat lupa bahwa akhlak adalah tujuan utama dari pemahaman agama. Rasul diutus untuk menyempurnakan akhlak. Bukan menjadi yang paling jago debat.

Kalau emang umat di netizen ini hormatnya pada gravitas para kyai dan ustadznya, mending jemput bola kali ya? Kita buat model Kyai go online gitu buat diskusi sama netizen. Mau ribut di internet, ga bakal berani paling pas gurunya ada depan mata.

Haha.

Advertisements
Categories: Coretan Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: