Home > Coretan > Komprehensi

Komprehensi

Terlalu banyak informasi yang beredar di era sekarang. Hampir tiap 5-10 menit selalu masuk notifikasi wahtsapp. Hampir tiap jam ada nada dering email di HP. Belum lagi grup Line yang isinya lebih banyak anak muda yang main-main dengan ekspresi stiker.

Apakah itu mengganggu? Iya.

Apakah itu harus dicuekin aja? Tentu tidak.

Jadi bagaimana?

Kalau penulis saat ini kangen dengan komprehensi akan suatu informasi. Dulu ketika penulis masih SD atua SMP, rasanya sangat sulit mencari info dan berita. Harus membaca koran tiap hari. Harus menunggu dibahas di diskusi-diskusi, baru dipahami. Tapi hasilnya, kejadian yang dulu sempat dibahas bersama teman-teman atau isu ketika SD dan SMP lebih menempel di kepala. Tidak seperti sekarang, langsung hilang begitu saja.

Maka dari itu, penulis saat ini cenderung membuka pesan-pesan dan notifikasi yang masuk tiap 2-3 jam sekali saja. Tidak langsung. Dan ketika membalas, memang mengalokasikan waktu di calendar dan to-do list secara khusus membalas semua notifikasi yang masuk. Penulis bukan tipikal yang senang bila terdistraksi ketika sedang wired-in dengan sesuatu. Selain itu, penulis juga bukan tipikal yang mending gak ngebales atau buka notifikasi karena malas. Rasanya seperti hutang yang menumpuk di kepala. Dan juga, rasanya pesan dicuekkin itu gak enak. Kalau pun ada yang berlaku seperti itu, penulis tidak ingin memperlakukan yang sama.

Jadi, mohon maaf ya bila ada yang pesannya dibalas lama atau gak gitu fast response. Tapi penulis pasti membalas semua pesan kok.

Konsekuensi era sekarang: Saking meluapnya informasi, komprehensi jadi sangat berharga.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: