Home > Coretan > Twitter Oh Twitter

Twitter Oh Twitter

Media Sosial perubahannya sangat fluktatif dalam beberapa tahun terakhir. Masih ingat sekitar sepuluh tahun yang lalu, Facebook masih belum masuk ke Indonesia. Saat itu masih ramai Friendster dan MySpace sebagai wadah berinteraksi dan “memasang” profil diri di dunia global (internet). Ketika Facebook masuk ke Indonesia di tahun 2008, hanya dalam setahun (2009) Friendster “tertendang” dari dunia gaul Indonesia.

Kemudian muncul Twitter mulai ramai pada tahun 2009 di Indonesia. Saat itu Twitter mulai mengambil segmen Facebook untuk saling curcol dan ramai. Dan karena fungsinya yang memang saling membalas dan bisa terlihat publik, orang cenderung tidak enak ketika tidak membalas twit. Hanya dalam waktu singkat, Twitter telah berhasil menjadi “headquarter” umat manusia ketika itu. Katanya.

Nah, sekarang Twitter pun kesulitan berinovasi. Sedangkan Facebook dan raksasa internet lain seperti Google makin ganas dalam “memakan” perusahaan lain. Bisa antara merger, atau akuisisi perusahaan lain. Dan dilakukan secara terus menerus untuk meningkatkan kualitas dari data pengguna yang dimiliki. Dari data pengguna inilah, raksasa internet terus “memperlebar” dan “memperdalam” pasarnya.

Dan sekarang, Twitter pun mulai makin ditinggalkan. Penulis sendiri tidak meninggalkan Twitter, tapi merasa Twitter sudah tidak seasyik dulu. Sekitar lima tahun lalu, bergosip masih menyenangkan di Twitter. Tapi sekarang, lebih banyak jadi sarana penebar kebencian. Twitter tampaknya tidak begitu bertaji dalam merekayasa interaksi penggunanya. Dan sekarang, Twitter pun “hanya” jadi alat pembaca berita bagi penulis.

Bagaimana ke depannya?

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: