Home > Coretan > Co-Working Space

Co-Working Space

Bisnis Co-Working Space semakin marak di Indonesia, khususnya kota Bandung. Dan yang paling menarik, bahkan ada suatu Co-Working Space yang membanugn gila-gilaan di jalan Dago. Tempatnya mewah, dan didesain dengan baik. Tentunya ada kompensasi harga yang mahal.

Kalau dilihat lagi, mengapa terjadi pertumbuhan co-working seperti ini? Penulis ingin coba berbagi pandangan dari sudut pandang pelaku usaha kecil.

Ya, dalam membangun usaha tentunya butuh modal. Dan modal pertama yang harus diputar, tentunya adalah untuk SDM dan infrastruktur. Sebelum yang lain-lain. SDM yang paling dasar adalah founder, yang kadang tidak mengambil gaji. Sedangkan untuk intrastruktur, yang paling dasar adalah tempat untuk bekerja. Entah untuk “front-end” seperti kantor, atau “back-end” seperti dapur atau workshop.

Tapi, sayangnya harga untuk kedua hal tersebut sangat mahal bila dijalankan langsung di level profesional. Sedangkan, entrepreneur biasanya memulai tanpa modal. Tidak jarang setelah satu tahun baru ada penghasilan yang berputar, atau baru setelah satu tahun bisa punya tempat kerja. Dan co-working space ini, memberikan solusi “tengah”. Ya, harga co-working space sangat masuk akal bagi yang baru memulai usaha. Dan juga, bekerja di co-working space tidak bisa dihitung sebagai ilegal-ilegal amat. Masih bisa “dibantu” dari yang membuat co-working tersebut.

Sayang, bagi co-working juga suka ada masalah lain. Rata-rata bisnis yang berjalan dengna menyewa co-working, tidak begitu stabil. Sehingga, sering terjadi “turnover” dari penyewa tenant yang sangat tinggi. Dan juga, terkadang ketika bisnis sudah mulai berkembang, penyewa tenant agak malas untuk bekerja di tempat “open space”, lebih senang di tempat yang privat.

Bagaimana pun juga, semoga bisnis co-working ini bisa terus berkembang dan memberikan solusi bagi pengusaha-pengusaha kecil.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: