Home > Coretan > Campur Aduk Bahasa

Campur Aduk Bahasa

bahasa

Seringkali kita sebagai orang Indonesia menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris dalam satu kalimat. Entah karena tergerusnya budaya lokal oleh globalisasi, atau memang karena hanya ingin terlihat keren. Di sisi lain, lucu juga melihat kawan-kawan yang dekat dengan masjid berbicara pakai “ana” dan “antum” seakan terlihat sok islami. Padahal kalau ngerti bahasa Arab, itu salah lho menggunakan “antum” dalam percakapan sebagai kata ganti orang kedua.

Saya sendiri sebetulnya sama sekali tidak membenci kultur barat atau Arab. Namun, lain hal ketika bahasa tersebut dicampuradukkan dalam satu kalimat. Bahasa tidak lahir untuk diciptakan seperti itu! Bahasa adalah produk budaya. Artinya, bahasa yang kita gunakan ada akar yang sangat kuat di belakangnya. Bila berucap satu kalimat utuh menggunakan bahasa Indonesia, kemudian di kalimat berikutnya menggunakan bahasa Inggris/Arab untuk satu kalimat utuh untuk mengungkapkan makna yang lebih tepat rasanya sih tidak masalah. Tapi ketika berbicara dengan sintaksis yang ambigu apakah Indonesia/Inggris, rasanya lucu. Apa bedanya kaum terdidik dengan Vicky?

Ada juga ketika berbicara, kita menggunakan istilah yang jelas-jelas asing dan tidak masuk ke dalam golongan bahasa Indonesia. Apakah memang sesulit itu mencari padanan yang tepat untuk mengungkapkan sebuah kalimat? Atau memang secara kultur sudah terlanjur campur aduk dan sulit membedakan?

Ada yang mengatakan, yang penting kan dalam komunikasi itu tersampaikan maksudnya. Mungkin betul, tapi saya sendiri selalu sebal dengan penggunaan bahasa yang campur aduk. Dan mungkin, saya pun juga termasuk salah satu pelaku pencampur aduk bahasa.

Entahlah.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: