Home > Coretan > Masalah Rumah Ibadah

Masalah Rumah Ibadah

rumahibadah

“Urusan ibadah, semua orang berhak beribadah tapi tidak sembarang tempat kita bisa bangun rumah ibadah. Karena urusan bangunan itu urusan walikota, bukan urusan Tuhan.”.

“Jadi harus dibedakan antara kebebasan beribadah dan kebebasan mendirikan rumah ibadah. Kalau sudah urusan beribadah tidak boleh ada pemerintah yang la­rang-larang, atau pemerintah mau campuri caranya, tapi begitu Anda bangun beton, maka itu menjadi urusan walikota. Maka dari itu kita harus taat kalau sudah urusan bangunan. Karena itulah esensi dalam hi­dup bernegara, dan Tuhan tidak memberi diskriminasi di mana Anda mau be­ribadah,” papar Kalla.

Sumber: Dewan Masjid Indonesia.

Saya sangat menghormati argumen Pak JK sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. Beliau adalah tokoh yang dalam 25 tahun terakhir berhasil menyelesaikan konflik horizontal yang didasari ras ataupun agama di Indonesia. Banyak dari kita berkata ingin menjunjung tinggi kerukunan beragama, tapi beribadah tanpa melihat siapa yang ada di sekeliling kita. Ada saja sekelompok minoritas, yang memaksakan pembangunan rumah ibadah di tempat yang mayoritas bukan agama tersebut. Dan hal ini terjadi untuk berbagai agama di Indonesia.

Lucu juga ya, satu-satunya negara yang memiliki Kementerian Agama, namun justru malah tidak paham bahwa esensi toleransi itu terletak pada perasaan antara umat. Dan media pun jadinya melihat hal ini sebagai makanan empuk untuk dijual. Kesannya suatu masyarakat mayoritas pada daerah tersebut intoleran, padahal lebih karena yang minoritas tidak mau mengerti. Kasus di Aceh yang mayoritas islam, dan kasus di Papua yang  mayoritas kristen, dua-duanya sama saja.

Mungkinkah toleransi di negeri kita masih sebatas jargon?

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: