Home > Coretan > Dikotomi Para Alim

Dikotomi Para Alim

paraalim

Terdapat orang alim dan pendosa di dunia ini. Begitu pula lingkungannya, terdapat lingkungan alim dan lingkungan pendosa di dunia ini. Ketika mereka semua beririsan, tentunya akan tercipta empat kombinasi, yaitu:

  • Orang alim yang tinggal di lingkungan alim.
  • Orang alim yang tinggal di lingkungan pendosa.
  • Pendosa yang tinggal di lingkungan alim.
  • Pendosa yang tinggal di lingkungan pendosa.

Arah tulisan ini adalah mengenai kebingungan saya terhadap stigma dakwah yang terasa hanya untuk orang alim. Mungkin wajar ketika orang alim cenderung lebih nyaman untuk tinggal di lingkungan alim. Semakin lama, orang alim akan berkumpul dengan orang alim. Mencari lingkungan baru yang nyaman karena ada kesamaan satu sama lain. Termasuk para pendakwah yang kebanyakan orang alim, mereka banyak bergaul dengan sesama orang alim.

Pertanyaannya, bila terus menerus seperti itu bagaimana dengan para pendosa atau lingkungan pendosa?

Orang alim yang tinggal di lingkungan pendosa semakin lama merasa tidak ada teman, sehingga meninggalkan lingkungan tersebut. Kemudian, pendosa yang berada di lingkungan alim juga semakin lama tidak nyaman dan berkumpul ke lingkungan pendosa, walaupun ada sih beberapa yang taubat.

Dakwah yang berada di TV tiap subuh atau akhir minggu terkesan didesain untuk segmen keluarga yang bisa menerima ajaran dakwah. Ceramah keagamaan selalu berada di masjid-masjid yang tentunya hampir tidak mungkin para pendosa punya keinginan mendekatinya. Lalu, para kyai di Indonesia identik dengan habitatnya yang endemik di pedesaan, khususnya di pesantren.

Lalu, bagaimana dengan moral para wanita yang menjajakan dirinya di lokalisasi? Bagaimana para pemabuk di bar-bar? Bagaimana para pezina di hotel-hotel? Siapa yang merangkul mereka untuk memahami ajaran kebaikan dan standar moral masyarakat? Masih adakah para pendakwah atau kyai yang ingin turun ke tempat-tempat yang katanya tidak bermoral tersebut kemudian merangkul para pendosa?

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: