Home > Coretan > Fushah dan Amiyah

Fushah dan Amiyah

arab

Bahasa Arab merupakan bahasa yang telah dikenali sejak kecil oleh orang islam, termasuk di Indonesia. Setiap kegiatan ibadah, liturgis, kajian, dan hal lain tentang agama, melibatkan bahasa Arab di dalamya.

Pada tulisan ini saya ingin berbagi tentang jenis bahasa (lughoh) yang ada dalam bahsa Arab, yaitu Fushah (formal) dan Amiyah (informal).

Bahasa Arab Fushah dikenal sebagai bahasa yang digunakan secara resmi. Penggunaan bahasa ini ditemukan pada kitab-kitab, literatur akademik, Al-Quran, pengantar di sekolah-sekolah, atau bahasa resmi dalam urusan bisnis atau pemerintahan.

Sedangkan bahasa Arab Amiyah adalah bahasa yang digunakan untuk keperluan tidak resmi. Dapat dikatakan pula bahasa Amiyah digunakan sebagai alat bercakap sehari-hari, seperti “gw” dan “lo” dalam bahasa Indonesia. Pada umumnya, bahasa ini dimengerti oleh orang lokal di Arab.

Pengalaman pribadi saya, penggunaan bahasa Fushah dan Amiyah ini ternyata bergantian dan sangat terpisah. Sebagai contoh, banyak lho orang Arab yang tidak bisa berbahasa Fushah. Saya pernah ngobrol dengan orang Arab yang kebingungan waktu mau membayar Pizza di Bandung. Saya ajak ngobrol dengan bahasa Arab yang saya kenal, dia tidak mengerti. Dan lucunya, perlu ada temannya yang bisa berbahasa Arab dengan saya (yang setelah kejadian itu saya tahu bahwa ada Fushah dan Amiyah), kemudian temannya ini mengartikan lagi ke bahasa Arab yang saya tidak tahu sama sekali (Amiyah).

Mungkin fenomena diglosia seperti ini bisa ditemui juga ya di daerah pinggiran di Indonesia. Cukup banyak yang bisa berbahasa daerah yang mirip dengan bahasa Indonesia, tapi tidak bisa berbahasa Indonesia. Dan bahasa Arab yang saya rasakan selama ini susah untuk dipelajari, sepertinya akan menjadi lebih kompleks lagi ketika datang langsung ke negeri yang menggunakan bahasa Arab ya.

Makin tahu, jadi makin tidak tahu.

Categories: Coretan Tags: , , , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

