Home > Coretan > Menara Gading

Menara Gading

tamanganesha

Akademisi, Swasta (Pebisnis dan Profesional), Pemerintah, dan Komunitas. Mereka adalah empat heliks yang katanya menjaga keseimbangan pembangunan dari masa ke masa. Bagus tidaknya koordinasi mereka sangat menentukan keberjalanan pembangunan.

Pengantar tulisan tersebut gak ada hubungannya sih, di sini saya ingin sedikit beropini tentang lingkungan akademisi yang katanya menara gading. Katanya sih hakikat kampus adalah sumber ilmu, tempat berkumpulnya orang-orang pintar. Karena diisi oleh orang-orang pintar, kecenderungan dari kampus adalah jarang ilmunya dibawa keluar kecuali orang luar yang datang ke kampus dan mengambil apa yang ada di kampus untuk diberdayakan di luar. Sah-sah saja.

Namun, rasanya lucu gak sih bila jargon menara gading tersebut justru menjadi penghalang publik atau elemen lain dari quad-helix untuk bisa mengakses kampus?

Sebutlah saya kesal dengan kampus saya. Bayangkan, taman besar yang dulunya dipakai publik kondisinya sudah perlu diperbaiki. Alhasil, kampus pun memperbaiki taman tersebut karena sudah terkesan sangat tidak terawat. Dan setelah memakan waktu yang cukup lama, taman tersebut diperbaiki. Namun, setelah diperbaiki publik tidak lagi boleh masuk untuk beraktivitas di taman tersebut. Dipagari di seluruh sisi, saudara-saudara! Ah, saya saja kali ya yang tidak memahami pola pikir para orang-orang pintar di kampus.

Sepertinya memang betul menara gading hanya untuk dilihat, bukan untuk bisa dimanfaatkan orang lain.

Categories: Coretan Tags: , , , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: