Home > Coretan > Rumah

Rumah

rumah

Apa itu rumah? Secara bahasa rumah diartikan sebagai tempat untuk tinggal. Dalam sudut pandang lain dapat diartikan sebagai tempat kembali setelah berkelana. Dapat pula diartikan sebagai tempat berlindung. Bisa juga diartikan sebagai tempat yang memberikan rasa aman. Atau bisa juga diartikan sebagai tempat berasal.

Seperti apa pun makna sebuah rumah diartikan, rumah merupakan tempat untuk ditinggali. Rumah selayaknya bisa menjadi tempat pulang. Bisa menjadi tempat berlindung. Bisa memberikan rasa aman. Dan bisa sebagai pengingat diri yang telah hilang.

Rumah perlu dirawat. Rumah perlu dijaga. Rumah perlu diberi perhatian oleh pemiliknya. Apalagi bila dimiliki tidak hanya satu orang.

Ketika rumah dalam kondisi baik, semua yang tinggal di dalamnya dapat merasa nyaman. Namun, ketika rumah dalam kondisi buruk, ada bagian yang harus diperbaiki bersama. Ada bagian yang hanya dapat diperbaiki oleh seorang penghuni, ada bagian yang hanya dapat diperbaiki oleh penghuni yang lain. Bekerja sama membangun.

Ketika rumah dibiarkan, rumah akan tidak terawat. Fondasi yang kokoh akan tergerus perlahan tapi pasti. Kenyamanan yang harusnya bisa didapatkan oleh kesederhanaan dalam menjaga tidak akan dapat kembali dengan kemewahan baru yang diberikan. Apalagi bila penyebab kerusakan adalah sesuatu yang asing.

Dengan dijaga, rumah ada.

Tanpa dijaga, rumah tiada.

Categories: Coretan Tags: , , , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: