Home > Coretan > Siapakah yang Buruk?

Siapakah yang Buruk?

 konflik

Menghindari konflik di dalam kehidupan rasanya dapat dikatakan kondisi yang kelewat ideal. Nyaris tidak mungkin seorang manusia tidak mengalami konflik dengan manusia lain sepanjang hidupnya. Dan ketika terjadi konflik antara dua orang, sangat mungkin satu sama lain akan saling menyalahkan. Kedua pihak sudah dapat dipastikan memiliki andil salah atas konflik tersebut. Namun, siapa yang seharusnya bertanggung jawab?

Satu hal yang paling tidak menyenangkan adalah ketika ada satu pihak yang menyatakan pihak lainnya yang bersalah dan buruk. Padahal, belum tentu juga bukan? Bisa jadi pihak yang men-judge salah dan buruk adalah yang salah dan buruk itu sendiri. Atau mungkin bisa saja pihak yang disalahkan itu memang bersalah dan buruk, tapi tentunya men-judge pihak lain sebagai yang bersalah juga merupakan hal buruk bukan?

Alangkah baiknya ketika ada konflik yang sudah keruh masing-masing pihak mendinginkan kepala dan melihat kembali titik awal sebelum ada konflik. Saling introspeksi dan menerima evaluasi dengan lapang dada. Sama-sama kembali melihat jalan terbaik yang bisa ditempuh bersama setelahnya.

Lebih baik juga bila menjadi pihak yang meminta maaf lebih dulu. Kesalahan seorang manusia dengan Allah dapat langsung dimaafkan. Namun, katanya lain cerita dengan sesama manusia bukan?

Kebanyakan orang sudah memahami perihal sikap terpuji dalam menghadapi konflik sejak SD. Namun ketika menghadapinya secara langsung, tidak semudah itu menjalankan pemahaman yang telah ada di kepala sejak kecil. Perlu usaha keras dan hati yang ikhlas.

Semoga kita semua dilindungi oleh-Nya.

Categories: Coretan Tags: , , , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: