Home > Coretan > Berkuliah di Teknik Informatika ITB

Berkuliah di Teknik Informatika ITB

stei itb

(Gambar gedung Labtek V ITB, Teknik Informatika)

Nah, jadi gimana IF (Teknik Informatika) ITB secara umum?

Mungkin kebanyakan dari kita lebih sering mendengar jurusan informatika sebagai ilmu komputer atau computer science. Di ITB ini sedikit berbeda, ilmu yang dipelajari tidak hanya dari aspek ilmu komputer saja. Terdapat pula aspek rekayasa perangkat lunak atau software engineering pada kurikulum sehingga jurusan ini dinamakan teknik informatika.

Secara garis besar, ilmu komputer (CS) adalah ilmu yang mempelajari ilmu dasar (teori dan praktek) bagaimana sebuah informasi diolah dan diproses oleh komputer. Sedangkah rekayasa perangkat lunak (SE) adalah ilmu yang mempelajari desain dan pengembangan perangkat lunak (software). Contoh mata kuliah yang termasuk ke dalam kategori CS antara lain algoritma, kriptografi (yg kayak di film Skyfall atau Beautiful Mind), pengolahan grafis, dsb. Sedangkan contoh mata kuliah yang termasuk ke dalam kategori SE antara lain rekayasa perangkat lunak, bagaimana menjalankan proyek perangkat lunak, membuat games, membuat web, dsb.

Selama menjalani perkuliahan di IF ITB, mahasiswa bisa memilih mata kuliah pilihan yang menarik sesuai minat (tentunya setelah mengambil matkul wajib). Jadi, teman-teman yang ingin masuk ke IF ITB nantinya dapat menyusun fokus kuliah yang diinginkan, baik itu lebih fokus ke CS, lebih fokus ke SE, atau pun menambah variasi dari mata kuliah jurusan lain.

Nah, lalu apa aja yang dipelajari selama kuliah?

Bila teman-teman ingin memasuki jurusan IF ITB setelah tahun 2013, berikut ada link yang menjabarkan kurikulum yang harus diikuti:

https://www.stei.itb.ac.id/file/kurikulum/kurikulum-s1-if.htm

Secara umum tidak jauh berbeda dengan kurikulum tahun 2009 yang saya alami selama kuliah dulu. Saya coba ceritakan pengalaman saya per semesternya ya:

  • Semester 1

Selama semester satu, hampir seluruh fakultas di ITB menjalani masa TPB (Tahap Persiapan Bersama) yang bertujuan untuk memberikan ilmu-ilmu dasar yang akan digunakan selama berkuliah. Selain itu, materi yang diberikan pada masa TPB ini merupakan pendalaman materi SMA. Perlu diketahui bahwa latar bekalang setiap mahasiswa yang menjalani perkuliahan di ITB berbeda-beda. Hal ini menyebabkan perlunya penyamarataan pemahaman agar tidak terjadi ketimpangan ketika sudah masuk jurusan nanti. Materi yang didapatkan selama saya berkuliah di semester satu tahun 2009 antara lain Kalkulus, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Bahasa Inggris, PTI-A (Dasar Pemrograman).

  • Semester 2

Di semester dua materi kuliahnya tidak jauh berbeda dengan semester satu. Saya masih mendapatkan materi lanjutan dari semester pertama. Mata kuliah yang dilanjutkan di semester ini antara lain Kalkulus, Fisika Dasar dan Kimia Dasar. Sedangkan mata kuliah tambahan yang lain adalah Olahraga dan DRE (Dasar Rangkaian Elektrik). Jadi selama dua semester di tahun pertama seluruh mahasiswa STEI difokuskan kepada mata kuliah dasar dan “pengantar” bagi yang ingin masuk jurusan dengan rumpun elektro (T. Elektro, T. Telekomunikasi, T. Tenaga Listrik) atau pun rumpun Informatika (T. Informatika, Sistem dan Teknologi Informasi).

  • Semester 3

Dengan masuknya mahasiswa ITB ke jurusannya masing-masing, mata kuliah yang diajarkan di semseter ketiga pun sudah mulai spesifik sesuai jurusannya. Walaupun mungkin masih ada beberapa mata kuliah dasar, namun tidak lagi seragam seperti yang diberikan ketika tahun pertama.

Mata kuliah yang diikuti selama semester ketiga bagi yang memilih jurusan IF antara lain Algoritma dan Struktur Data, Matematika Diskrit, Logika Informatika, Probabilitas dan Statistika, Matematika Teknik I (Aljabar Linear), Organisasi dan Arsitektur Komputer. Pada semester ini mahasiswa IF ITB diberikan mata kuliah dasar yang ilmunya akan digunakan selama berkuliah.

  • Semester 4

Kemudian di semester empat, mahasiswa diharuskan mengambil mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek (OOP), Strategi Algoritma, Teori Bahasa dan Otomata, Sistem Operasi, Basis Data dan Rekayasa Perangkat Lunak. Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang harus diambil di semester empat pada kurikulum 2013, sedikit berbeda dengan kurikulum 2008 yang saya ikuti. Namun tenang saja, walaupun urutan dan nama mata kuliah wajibnya berbeda, namun materi kuliahnya sebagian besar tetap sama.

  • Semester 5

Pada semester lima kurikulum 2013, mahasiswa diharuskan mengambil mata kuliah Pemrograman Internet, Jaringan Komputer, Sistem Basis Data, Interaksi Manusia dan Komputer, Intelegensia Buatan. Perlu diketahui, terhitung sejak semester lima dan seterusnya mahasiswa IF diperbolehkan mengambil mata kuliah pilihan yang diinginkan. Jadi sejak semester lima ini mahasiswa bisa lebih mendalami minat yang lebih spesifik di bidang Informatika.

  • Semester 6

Di semester enam, terdapat mata kuliah Sistem Tersebar, Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak Lanjut, Grafika dan Sosioteknologi Informasi. Seperti di semester sebelumnya, mahasiswa IF dapat memilih mata kuliah baik dari jurusan IF mau pun jurusan lain. Kalau saya ketika itu mengambil mata kuliah Keamanan Informasi (dari STI) sebagai tambahan.

  • Semester 7

Memasuki tingkat akhir, mata kuliah wajib pun sudah semakin habis. Hanya tinggal Kerja Praktek dan Tugas Akhir yang masih harus digeluti hingga lulus. Perlu diketahui, Kerja Praktik di Informatika dilakukan sekitar 2-3 bulan sebelum memasuki semester 7 sehingga di semester 7 ini mahasiswa fokus untuk menyelesaikan laporan dan seminar Kerja Praktek. Untuk tugas akhir, di IF ITB dibagi menjadi dua bagian. Di semester 7 ini mahasiswa mengambil Tugas Akhir I dimana mahasiswa IF harus menyusun tugas akhir hingga BAB 3 (analisis) dan melakukan seminar satu kali.

Terkait mata kuliah pilihan, tersedia mata kuliah yang lebih spesifik lagi bagi mahasiswa yang berminat di tingkat empat. Untuk mengetahui kuliah apa saja yang dapat diambil, bisa langsung menuju link yang tercantum di atas.

  • Semester 8

Fase akhir dari perkuliahan di IF ITB ditandai dengan terteranya mata kuliah Tugas Akhir II di Kartu Studi Mahasiswa (KSM). Untuk mendapatkan status sarjana, mahasiswa IF diharuskan menyelesaikan Tugas Akhir (dengan seminar satu kali lagi dan sidang) dan telah menyelesaikan studi sebanyak 144 SKS dengan memenuhi seluruh mata kuliah wajib.

Pesan dan Harapan Bagi yang Ingin Masuk IF ITB

Terakhir, saya ingin berbagi tentang sesuatu yang sebaiknya tidak dicontoh dalam memilih jurusan. Dulu di tahun 2009, saya memilih IF ITB karena ketika itu STEI adalah fakultas yang memiliki passing grade tertinggi bagi yang ingin masuk ITB. Saya pun memilih STEI dan menjalani masa TPB selama satu tahun untuk lebih mengenal lingkungan fakultas dan memilih jurusan di akhir tahun pertama. Saya sangat menikmati masa-masa tahun pertama ini. Namun, ketika tiba waktunya memilih jurusan saya bingung. Akhirnya alasan saya memilih IF lagi-lagi karena passing grade. Passing grade jurusan IF ketika itu adalah yang paling tinggi di STEI (ada beberapa yang tidak beruntung sehingga harus terlempar). Alhasil, saya pun tidak begitu menikmati masa-masa perkuliahan di IF ITB. Padahal ilmu yang dipelajari di jurusan ini sangat berharga dan mendobrak pola pikir.

Maka dari itu, bagi teman-teman yang masih galau memilih jurusan sebaiknya prioritaskan memilih jurusan yang paling disukai sehingga memberikan semangat selama berkuliah. Jangan pernah memilih karena passing grade atau karena peluang kerja yang baik setelah lulus nanti. Apabila ternyata takdir berkata lain, cintailah jurusan yang teman-teman ikuti karena itu adalah yang terbaik. Percayalah segala ilmu yang didapat di jurusan apa pun yang diikuti adalah sesuatu yang berharga.

Selamat memilih jurusan!

Categories: Coretan Tags: , , , , ,
  1. 20/02/2015 at 15:10

    Makasih banyak wejangannya, mas!🙂 Ishmah mau masuk ITB-STEI-teknik informartika nih… mohon bantuannya yaa

  2. 24/02/2015 at 04:40

    terimakasih atas ulasannya ya Nak, saya jadi tahu dg perkuliahan di infornatika itb, krn anak saya tidak pernah cerita keadaan dia selama kuliah disana. oh iya saya ayah dr Gilbran Imami

  3. Achmad Al-Chasni
    27/02/2015 at 19:01

    Bismillah.. semoga bisa ngrasain semua mata kuliah itu.. Aamiin..
    Kak emil, doanya yaa ._. Saingan dari jatim ketat banget nih😐

  4. 30/07/2015 at 16:07
  5. yulmayanti
    07/11/2015 at 21:32

    q ingin bnyak belajar jurusan informatika

  6. Ibaddilah Nurodin Fauzan
    28/12/2015 at 15:06

    Masih galau, soalnya katanya kalo yang dari smk mau ke itb cuma boleh masuk FSRD hadeeehhh

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: