Home > Coretan > Masukan untuk KAUR Tim Jokowi Center

Masukan untuk KAUR Tim Jokowi Center

jkwjk

Kemarin, di media sosial yang saya ikuti relawan dari Jokowi Center memberikan form untuk rekomendasi nama menteri yang nantinya akan dijadikan masukan untuk menyusun Kabinet Jokowi-JK. Berikut adalah formnya:

https://docs.google.com/forms/d/14sBGBHq82F2ST6b0I8MzQ0db6gXYxygEkO2Xh1iG8G0/viewform

Setelah melihat dan mengisi form tersebut, saya ingin memberikan apresiasi, kritik dan saran bagi relawan Jokowi di Jokowi Center atau pun di lembaga lain.

Pertama saya memberi apresiasi untuk relawan Jokowi yang melakukan langkah inovatif sehingga masyarakat luas dapat memberikan masukan bagi Kabinet berikutnya. Dengan adanya langkah ini, masyarakat dapat berpartisipasi langsung dan merasa terlibat dalam pemerintahan. Selain itu,hal ini juga memberikan sentimen positif terhadap Jokowi pasca pilpres.

Kedua, berikut beberapa kritik yang ingin saya sampaikan:

  • Langkah yang inovatif ini kalau dicermati oleh pengamat politik sebetulnya dapat dikatakan ceroboh dan kurang kerjaan. Tanpa ada maksud menjelekkan, kalau diperhatikan dengan seksama susunan Kabinet pada form tersebut merupakan “contekan” dari susunan Kabinet Bersatu jilid dua yang dipimpin oleh Pak SBY. Hal ini sangat kontradiktif melihat fakta bahwa Pak Jusuf Kalla ingin merombak susunan Kabinet sehingga lebih efisien (sumber).
  • Nama menteri yang ada pada form terkesan dicantumkan hanya berdasar opini dari tim internal Jokowi Center. Hal ini membuat masyarakat yang mengamati politik merasa “gak ngawur nih nama-namanya” dan langsung banyak yang menyimpulkan kalau form ini tidak resmi. Ada baiknya mungkin relawan Jokowi-Center melakukan riset terlebih dahulu terhadap opini yang berkembang di masyarakat seperti yang dilakukan oleh Indo Barometer (prediksi menteri versi IB).
  • Belum lagi pengunaan gdocs membuat ragu apakah akan “didengar” oleh Pak Jokowi-JK (kecuali jumlah yang mengisi sangat-sangat banyak dan diberitahukan hasil polingnya).

Terakhir saya memiliki saran untuk para relawan dan orang-orang yang ingin berkontribusi lebih membantu Pak Jokowi-JK dalam menjalankan pemerintahan nanti:

  • Ada baiknya sebelum mengambil langkah inovatif terlebih dahulu ada yang berkoordinasi langsung dengan “inner circle” Pak Jokowi-JK. Sehingga sinkron dan tidak sia-sia, kecuali jika tujuannya cukup sampai memberikan sentimen positif pada Pak Jokowi-JK.
  • Gerakan seperti apa pun harus memiliki dasar. Akan lebih baik lagi bila didukung oleh data dan riset sehingga masyarakat lebih yakin dalam membantu.
  • Kalau hasilnya sudah ada, semoga bisa diunggah untuk publik. Karena publik tentunya juga penasaran terhadap hasilnya dan butuh kepastian disampaikan bukan? InsyaAllah optimisme yang dibangun bisa lebih baik lagi.

Terima kasih.

#Salam3Jari

Categories: Coretan Tags: , , , ,
  1. 25/07/2014 at 22:17

    good ide

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: