Home > Coretan > MBTI = ENTP

MBTI = ENTP

Dessert-Myers-Briggs

Terdapat banyak tes untuk mengenal lebih dalam tentang kepribadian kita di internet. Salah satu yang cukup populer adalah MBTI. MBTI menjabarkan dikotomi karakter seseorang dalam empat aspek: Attitudes (Extroversion/Introversion), Function: (Sensing/Intuition & Thinking/Feeling), Lifestyle (Perceiving/Judging). Dalam dua tahun terakhir mencoba tes ini, saya mendapatkan hasil ENTP (Extrovert, Intuition, Thinking, Perceiving). Hasil ini tampaknya tidak akan berubah dalam waktu yang cukup lama.

Dari beberapa sumber di internet yang membahas karakter menggunakan “MBTI”, alhamdulillah dikatakan ENTP memiliki kelebihan yang memungkinkan untuk menguasai pemahaman dalam banyak disiplin ilmu. Orang yang memiliki karakter ENTP juga dikatakan dalam berbagai artikel memiliki kecerdasan yang lebih dibanding orang pada umumnya dan selalu memiliki ide.

Namun, dibalik setiap kelebihan pasti ada kekurangan di baliknya. Orang dengan karakter ENTP terlalu fokus pada hal abstrak dan berpikir random karena terbiasa melihat segala kemungkinan dari suatu hal. Selain itu, orang ENTP juga terlalu awal meloncat pada strategi sebelum orang lain siap. Dan yang cukup berbahaya adalah kekurangan dalam memahami perasaan dan emosi orang lain serta tidak mengindahkan aturan yang ada atau berlaku umum.

Betulkah saya seperti itu dalam pandangan orang lain? Kalau iya, semoga kelebihan saya bisa membantu dan bermanfaat. Dan juga, mohon maaf kalau memang kekurangan saya memang sesuai profil ini dan pernah merepotkan siapa pun.

Bagaimana dengan MBTI anda?

Categories: Coretan Tags: , , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: