Home > Coretan > Penipuan Modus Lama, Korban Baru

Penipuan Modus Lama, Korban Baru

penipu

Pada suatu sore, saya ditelpon oleh ibu kosan saya. Beliau menanyakan dimana keberadaan teman kosan saya (sebut saja namanya Abdul). Beliau mengatakan orang tua Abdul baru saja mendapat kabar kalau Abdul kecelakaan dan masuk rumah sakit (rumah sakitnya tidak disebutkan). Pihak rumah sakit ini menyatakan bahwa Abdul harus secepatnya ditangani dan membayar sejumlah uang yang sepertinya cukup besar.

Saya merasa cukup aneh, pagi harinya saya whatsapp-an dengan Abdul dan di hari itu dia sedang sangat hectic mengerjakan TA-nya di lab. Dari perasaan aneh tersebut, saya coba hubungi teman lab Abdul dan dia sedang baik-baik saja, hanya sedang pergi shalat maghrib. Dan ternyata, Abdul lupa membawa HP-nya sehingga tertinggal di kosan dan tidak bisa dihubungi sepanjang hari. Keadaan tersebut dimanfaatkan oleh penipu yang juga memiliki nomor orang tua Abdul sehingga wajar bagi orang tua yang sangat menyayangi anaknya bisa langsung percaya bahwa Abdul benar-benar kecelakaan.

Dalam kejadian ini, saya senang melihat Abdul dan orang tuanya masih dilindungi oleh Yang Maha Kuasa. Abdul selamat dan orang tuanya tidak berhasil diperdayai oleh penipu. Namun, tidak jarang saya mendengar adanya korban dari modus penipuan semacam ini. Penipu bisa-bisanya memanfaatkan kebocoran data pribadi mahasiswa ngekos ditambah perasaan khawatir orang tua terhadap anaknya. Setiap orang tua atau kita sendiri pasti sangat menyayangi anggota keluarga kita. Ketika seseorang di dalam keluarga tidak bisa dikontak sepanjang hari, itu akan menjadi sasaran empuk bagi penipu untuk mensimulasikan kecelakaan.

Belajar dari hal ini, penulis mengambil beberapa pelajaran:

  1. Jangan biarkan data pribadi bocor ke orang lain.
  2. Jangan meninggalkan HP di zaman sekarang.
  3. Jaga komunikasi dengan orang-orang terdekat setiap harinya.
  4. Yuk, banyak-banyak berdoa.

Terakhir, mungkin modus ini sudah kuno. Namun, ternyata modus ini masih tetap efektif sampai sekarang untuk mendulang uang haram. Semoga tulisan ini dapat mengingatkan kita semua untuk selalu waspada. Dan juga, semoga kita semua senantiasa dilindungi dari para penipu yang mengincar kita dan orang-orang terdekat kita.

Amin.

Categories: Coretan Tags: , , , ,
  1. 16/06/2013 at 21:33

    ngeriiiii!!!!đŸ˜®

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: