Home > Coretan > Belajar dari Para Generalis dan Spesialis di Forum

Belajar dari Para Generalis dan Spesialis di Forum

general vs specialist

Generalis vs Spesialis

Setiap dari kita berbeda. Banyak orang yang memilih jadi spesialis, yakni orang yang mengkhususkan keahliannya pada suatu hal dan menguasainya secara mendalam. Di satu sisi banyak pula orang yang memilih menjadi generalis, yakni orang yang memiliki wawasan dan pemahaman lebih luas dari para spesialis, namun tidak mendalam.

Sudut pandang yang digunakan oleh masing-masing kelompok ini sangat berbeda, khususnya dalam memandang suatu masalah. Para generalis lebih suka melihat suatu masalah dari gambaran besar, sedangkan para spesialis lebih suka melihat masalah dari aspek yang dikuasainya. Dan tidak jarang ketika keduanya berselisih paham ketika harus bekerja sama.

Selama saya berkuliah di ITB hingga sekarang, banyak sekali forum yang ‘memaksa’ untuk berdiskusi. Dalam suatu forum, perselisihan antara satu dan lain pihak sangat sulit untuk dihindari. Semua pihak memiliki kepentingan dan pandangannya masing-masing yang ingin diperjuangkan di dalam forum. Ketika tidak mampu menyikapi perbedaan pandangan ini dengan bijak, biasanya forum akan berjalan tidak sehat. Apalagi ketika para generalis dan para spesialis ini bertemu dan beradu pandangan satu sama lain.

Ketika kita melihat kekurangan masing-masing, para generalis di dalam forum biasanya mereka memahami keseluruhan masalah, namun tidak mendalam. Hal ini terkadang menyebabkan para generalis terkesan suka memutar-mutar forum. Sedangkan para spesialis, biasanya mereka memahami masalah secara mendalam dari sudut pandangnya masing-masing, namun cenderung lebih lambat dalam memahami gambaran besar dalam diskusi. Hal ini terkadang menyebabkan para spesialis terkesan solutif, namun tidak pada waktu dan tempat yang tepat.

Meskipun begitu, tidak selamanya perselisihan antara kedua kubu di dalam forum ini berdampak negatif. Perlu adanya kesabaran untuk memahami konteks diskusi yang sedang berlangsung. Saya kenal dengan beberapa teman yang mau untuk sabar memahami konteks diskusi sebelum berpendapat. Biasanya, para generalis yang sabar ini  mampu menjadi pemimpin forum ketika kondisinya sudah seperti benang kusut. Dan para spesialis yang sabar ini biasanya mampu memberikan solusi-solusi yang tajam dan kreatif dari aspek yang mereka kuasai.

Rasanya menyenangkan ketika bisa melihat forum yang sehat dan berisi orang-orang sabar dan mau memahami satu sama lain. Perselisihan yang biasanya menjadi proses paling menyita waktu di forum dapat dihindari karena sudah memahami konteks diskusi sehingga forum efektif dan efisien.

So, tidak ada salahnya memilih salah satu sudut pandang antara generalis atau spesialis. Semua orang memiliki keunikannya masing-masing dan akan berguna di dalam forum. Yang penting, kita harus sabar dalam memahami konteks diskusi dan saling menghargai pendapat semua orang.🙂

#ngoceh

  1. 20/01/2013 at 22:50

    Sangat spot-on. Sayangnya banyak orang yang ga sabaran…. Nah, masalahnya jadi bagaimana membuat orang sabar.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: