Home > Coretan > Manajemen Waktu, Pikiran dan Hati

Manajemen Waktu, Pikiran dan Hati

aplikasiergonomi.wordpress.com

 

Di tengah hiruk pikuknya kehidupan sehari-hari, kita biasanya dituntut untuk dapat mengerjakan banyak hal dalam waktu yang tidak banyak. Ketika menghadapi situasi seperti ini, tentunya kita butuh memanage diri kita supaya bisa memberikan hasil yang optimal dalam setiap apa  yang kita kerjakan. Tak jarang orang yang sukses dalam kehidupan adalah orang yang bisa memanage dirinya dengan sangat baik.

Namun, terkadang sehebat apa pun seseorang sering sekali menemui masalah manajemen diri dalam hidupnya. Dari pengalaman pribadi, saya menjabarkan manajemen diri ini melingkupi tiga hal. Yang pertama adalah manajemen waktu dimana kita harus mengoptimalkan setiap waktu yang kita gunakan. Kemudian yang kedua adalah manajemen pikiran dimana kita harus bisa mengatur pikiran kita dengan baik ketika dituntut menyelesaikan berbagai keperluan dalam waktu terbatas. Dan terakhir adalah manajemen hati dimana kita harus memanage hati kita untuk tetap ikhlas dan menyenangi apa yang kita kerjakan.

Manajemen Waktu

Manajemen waktu menurut pemahaman saya adalah kemampuan seseorang untuk mengatur waktunya sedemikian rupa sehingga bisa mengerjakan seluruh keperluan yang dia miliki dalam waktu tertentu. Intinya adalah optimasi waktu, memanfaatkan setiap waktu yang ada dengan optimal sehingga tidak ada waktu yang terbuang dengan sia-sia.

Dari pengamatan saya selama kuliah, biasanya mahasiswa yang berprestasi dalam banyak hal adalah mahasiswa yang mampu mengatur waktunya dengan sangat baik. Dan juga, biasanya mahasiswa yang “terjatuh” baik dalam akademis atau pun non-akademis adalah mahasiswa yang punya manajemen waktu buruk.

Manajemen Pikiran

Manajemen yang kedua adalah manajemen pikiran. Bagi saya pribadi, ranah manajemen pikiran ini adalah yang paling sulit. Mengapa sulit? Di zaman modern ini, kita bisa memanage waktu dengan bantuan alat atau pun dengan bantuan sekretaris (di kantor atau organisasi).

Namun, bagaimana dengan pikiran? Menurut saya pikiran tidak bisa dimanage dengan alat apa pun. Contoh mudah, biasanya kita akan sulit untuk tetap fokus  saat rapat atau mengerjakan tugas ketika esok harinya ada ujian akhir semester yang materinya belum dikuasai. Butuh kemampuan yang terlatih untuk bisa mengatur pikiran kita agar tetap fokus ketika dihadapkan dengan tumpukan tugas atau pekerjaan.

Manajemen Hati

Yang terakhir adalah manajemen hati. Menurut saya, manajemen hati ini adalah tingkatan yang menentukan kualitas pribadi seseorang. Di sekitar kita, banyak orang yang tidak mau mengerjakan hal yang tidak disukai. Namun, dalam kehidupan, saya yakin setiap manusia akan menemui hal yang tidak disukai setiap harinya. Di sinilah kita dituntut untuk dapat memanage hati kita untuk tetap menyenangi dan ikhlas dalam menjalani sesuatu. Contohnya, berusaha datang ke undangan dari orang lain meskipun kita sedang sibuk mengerjakan tugas. Atau tetap menjaga waktu belajar ketika banyak godaan untuk bermain, dsb.

IMO, Banyak orang yang sukses dari managemen waktu dan pikiran yang baik. Namun, saya jarang melihat ada banyak orang yang memiliki kualitas diri sebagai seorang pemimpin tanpa dilengkapi dengan kemampuan manajemen hati.

Ada teman bijak yang mengatakan bahwa bila kita hanya mau memimpin apa yang kita suka, kita hanya berada dalam level koordinator. Untuk menjadi pemimpin kita harus mampu memimpin apa yang belum tentu kita suka demi kebaikan bersama.

Semakin dewasa, makin banyak tantangan hidup yang harus dihadapi setiap harinya. Dahulu ketika kecil kita biasa dibimbing oleh orang tua kita untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Namun, seiring dengan bertambahnya umur kita tidak bisa mengelak untuk bisa mengatur diri kita sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain. Kita harus mampu untuk mengoptimalisasikan diri kita di tengah waktu dan sumber daya yang terbatas.

Sekian sharing pengalaman saya. Semoga tulisan ini bisa menjadi evaluasi pribadi dan juga bermanfaat bagi teman-teman pembaca.🙂

Categories: Coretan Tags: , , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: