Rokok, Phillip Morris dan Negara Dunia ke Tiga

Ketika kita bertanya siapa pengusaha rokok terbesar di dunia, fakta terkini mengatakan Phillip Morris lah orangnya. Pria ini merupakan orang yang mengangkat budaya merokok di USA sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Mungkin beberapa pernah ada yang tahu istilah Marlboro Man sebagai propaganda untuk industri rokok yang sudah hilang di negara-negara maju, dan kini fenomena propaganda jahat mirip Marlboro Man tersebut tumbuh pesat di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Fenomena rokok ini tanpa sadar telah “mencengkram” banyak orang dan membuat masyarakat resisten dengan bahayanya.

Ya, merokok memang tidak salah. Setiap individu memiliki hak untuk memilih apakah dia ingin merokok atau tidak. Saya sendiri tidak masalah dengan adanya perokok di sekitar saya. Namun, saya termasuk orang yang berpandangan bahwa “cengkraman” dari rokok suatu saat akan membahayakan masyarakat luas.

Di bawah ini ada sebuah video yang beberapa hari terakhir sempat menjadi “hits” di Facebook. Video ini sangat menggambarkan pandangan saya mengenai rokok di Indonesia. Bagi teman-teman yang ingin tahu fakta lebih lanjut mengenai rokok dan rantai cengkramannya, video ini sangat saya rekomendasikan untuk ditonton.

Selamat menikmati. Semoga teman-teman mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan dan video ini :).

Advertisements

4 thoughts on “Rokok, Phillip Morris dan Negara Dunia ke Tiga”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s