Home > Coretan > Anomali Travel Jakarta-Bandung

Anomali Travel Jakarta-Bandung

Pagi hari ini saya baru saja pergi meninggalkan kota Bandung yang dingin sejuk menuju kota Jakarta yang panas hangat. Kebetulan, travel yang saya pesan hari ini adalah travel yang paling pagi (05.45) untuk jurusan Bandung-Pancoran. Entah kenapa saya bingung karena pada saat memesan travel sehari sebelumnya sudah tidak ada lagi tempat kosong pada jam tersebut. Namun, lucunya yang berangkat pada pagi hari ini di travel hanya dua orang penumpang saja.

Sebenarnya ini bukan pertama kali saya menemukan kasus dimana travel nyaris kosong yang sehari sebelumnya sudah full-booked. Walaupun tidak separah ini, beberapa kali saya memesan travel untuk beberapa jurusan yang sudah nyaris penuh pun biasanya hanya setengahnya saja yang terisi. Hal ini tentunya membuat saya bingung. Aneh buat saya dimana saya pernah mengobrol dengan “seseorang” dari perusahaan travel mengatakan keuntungan per hari dari travel bisa digunakan untuk membeli mobil baru. Padahal bila kita menghitung ongkos Jakarta-Bandung dibandingkan dengan omzet untuk satu kali narik travel pada peak season pun secara kasar keuntungannya tidak sesignifikan itu.

Entah apa memang benar keuntungan travel sebesar itu terlepas dari sistem pemesanannya yang banyak kekurangan. Yang pasti buat saya tetap aneh untuk perusahaan-perusahaan travel yang sedang sangat menjamur sekarang ini untuk membiarkan keuntungan kursi kosong hilang begitu saja.

Hanya curhat karena sering berurusan dengan “Travel Kosong” yang sudah full-booked.🙂

Categories: Coretan Tags: , , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

