Home > Coretan > Sudahkah kita membangun negeri?

Sudahkah kita membangun negeri?

Dalam ukuran usia manusia, 66 tahun merupakan waktu yang sudah lebih dari cukup untuk mendewasakan seseorang. Bagi manusia, waktu tersebut sudah lebih dari cukup untuk memberikan kontribusi nyata bagi sekitarnya.

Namun, apakah yang terjadi dengan negeri kita? Sudahkah negeri kita dewasa? Sudahkah negeri kita warga negara kita saling memberi kontribusi nyata yang baik bagi sekitar? Atau malah justru merusak?

Dalam pandangan saya, di masa kini banyak sekali hal-hal baik yang bisa dibanggakan dari Indonesia. Ya, banyak sekali kawan. Namun, ketika kita melihat hal-hal tersebut dibenturkan dengan realita dan kebobrokan mentalitas bangsa yang kotor, maka hal-hal yang kita lihat sehari-hari adalah berantakannya negeri kita, korupsi merajalela, politik tidak sehat, konspirasi, dan hal-hal lain yang sepertinya tidak perlu disebutkan.

Melihat masalah di atas, Saya tetap punya mimpi yang besar. Rasanya ingin menghilangkan masalah itu semua yang menghalangi negeri ini menjadi sebuah negeri ideal, negeri yang madani.

Saya hanya mahasiswa biasa.

Saya bukan seorang aktifis yang mampu men-subversi kebijakan pemerintah yang salah.

Saya bukan seorang mahasiswa peneliti yang hebat ber-IP 4.0

Saya juga bukan seorang mahasiswa yang dekat dengan masyarakat.

Di sini saya hanya bisa berbuat dengan kemampuan saya dan mengajak orang lain untuk mengubah kondisi tersebut. Mari kita sama-sama memulai. Memulai dengan semangat setinggi langit. Mari kita wujudkan, Wujudkan dari hal kecil.

Dan dari hal kecil tersebut, mari kita buat hal baik. Dimulai dari diri sendiri, lanjutkan ke lingkungan terdekat, ke komunitas terdekat, masyarakat terdekat, hingga berbuat untuk seluruh negeri.

——————

Sekedar Refleksi untuk Indonesia yang lebih baik.

Emil Fahmi Yakhya – Mahasiswa Biasa.

  1. aghnioss
    17/08/2011 at 15:23

    Bagus banget millll!🙂 Merdeka!!!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

