Home > Coretan Opini > Menerapkan Alur Input, Proses dan Output dalam Kehidupan Sehari-hari

Menerapkan Alur Input, Proses dan Output dalam Kehidupan Sehari-hari

pic from : kollewin.com


Bermain api hangus, bermain air basah. Hal yang demikian adalah sesuatu sebab-akibat yang mutlak ada dalam kehidupan kita.

Dalam semua bahasan ilmu sains dan teknik, setiap proses membutuhkan input untuk menghasilkan output. Dan tentunya tidak akan ada sebuah output bila proses tidak mendapatkan inputan. Begitu pula di jurusan saya, teknik informatika, input-proses-output juga merupakan alur yang umum digunakan dalam bekerja, terutama dalam merancang perangkat lunak atau sistem.

Definisi

pic from : teach-ict.com

Diagram di atas dapat didefinisikan sebagai berikut :

Input: Data yang mengalir masuk ke sistem, berasal dari luar sistem.

Proses: Memanipulasi input menjadi bentuk yang sesuai dengan tujuan.

Output: Hasil yang didapatkan dari rangkaian proses pada sistem.

Feedback: Umpan balik sebagai evaluasi untuk mendapatkan output yang lebih baik.

Penjelasan Dari Apa Yang Saya Pahami:

  • Setiap kita membangun sebuah sistem atau perangkat, hal pertama yang harus ditentukan adalah tujuan. Sebuah sistem tidak akan dapat dibangun atau akan mengalami stagnansi bahkan kehancuran bila tidak ada tujuan yang jelas mengapa dia dibuat.
  • Setelah memiliki tujuan, sistem harus dirancang dengan matang supaya dapat mengakomodir input yang akan masuk ke dalam sistem.
  • Sejalan dengan pembuatan si proses, sistem akan menghasilkan output perlahan-lahan secara progresif sesuai dengan input yang ada.
  • Dengan adanya output yang mulai terlihat, tentunya usaha untuk membangun sistem tidak akan selesai sampai di sini. Output yang dihasilkan dari sistem belum tentu sudah mencapai yang diinginkan dari tujuan awal. Oleh karena itu, sistem membutuhkan feedback yang mengevaluasi output yang ada.
  • Jika output yang dihasilkan belum sesuai dengan tujuan, maka diperlukan adanya perbaikan terhadap inputan yang masuk atau pun terhadap proses mengolah input.

Nah, jika output yang dihasilkan ternyata sudah sesuai dengan tujuan awal, maka alur berhenti sampai di sini atau bisa juga pembuat sistem ingin mengembangkan sistem ini menjadi lebih baik lagi.

Bagaimana dalam Kehidupan Sehari-hari?

Sama saja dengan alur diagram yang ada di atas, semua yang kita lakukan dalam kehidupan ini berjalan dalam sebuah sistem yang dirancang oleh Tuhan YME. Namun bedanya, rancangan ini sudah sempurna sehingga segala input yang kita lakukan dalam kehidupan pastinya akan menjadi ouput yang sudah pasti sesuai dengan ketentuan-Nya.

Bila kita memberikan input baik kepada orang lain, tentunya hasil yang didapatkan adalah kebaikan. Dan bila kita melakukan hal buruk, output yang kita dapatkan tentunya akan linier sesuai dengan input yang kita berikan yakni buruk juga.

Bagaimana bila kita sudah merasa melakukan hal baik namun belum memberikan output yang sesuai?
Tentunya bila yang terjadi adalah seperti ini, bukan sistem yang dibuat oleh Sang Maha Kuasa cacat. Kita perlu feedback di sini. Kita perlu adanya evaluasi diri apakah input yang kita lakukan sudah benar-benar baik? Ataukah input baik yang kita berikan masih belum cukup? Atau hal yang demikian masih dalam proses sistem Tuhan yang prosesnya masih berjalan dan belum memberikan output?

Yang pasti kita memerlukan evaluasi dan terus memperbaiki diri untuk menggapai hasil yang diinginkan.

Nah, berangkat dari pembahasan di atas marilah kita sama-sama menanam input kebaikan di sekitar kita. Semoga input kebaikan tersebut dapat melahirkan banyak output kebaikan yang lebih besar dan menghapus output kurang baik yang ada di sekitar kita.

Demikian tulisan ini dibuat, semoga dapat memberikan manfaat dan menjadi bahan pelajaran yang berguna bagi pembaca.

Terima Kasih. :)

Categories: Coretan Opini Tags: , , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,817 other followers

%d bloggers like this: